ABSTRAK
Dalam pembelajaran terdapat komponen-komponen yang mempengaruhi proses
dan hasil dari pembelajaran. Komponen-komponen tersebut antara lain : tujuan
yang ingin dicapai; materi yang diajarkan; guru dan siswa; metode mengajar dan
media pembelajaran yang sesuai.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru mata pelajaran IPA dalam
memanfaatkan multimedia untuk peningkatan kualitas pembelajaran melalui sharing knowledge.
Seting penelitian ini adalah SMP Negeri xxxx. Subjek penelitian guru mata pelajaran IPA di SMP Negeri xxx
semester 1 Tahun 2012/2013 yang berjumlah
7 orang.
Metode penelitian
menggunakan Penelitian Tindakan Sekolah. Pengumpulan data dilakukan melalui
observasi, dokumentasi, dan tes. Analisis data dilakukan dengan tiga tahapan
meliputi: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau
verifikasi.
Hasil penelitian, dari data empirik diperoleh
kesimpulan bahwa melalui
penerapan sharing knowledge dapat meningkatkan kemampuan guru mata
pelajaran IPA dalam memanfaatkan multimedia dalam meningkatkan kualitas
pembelajaran dari kondisi awal sebagian besar guru IPA belum memahami penggunaan
multimedia dan belum menggunakan multimedia dalam kegiatan pembelajaran di
kelas ke kondisi akhir pada siklus II yaitu sebagian besar guru IPA sudah
memahami penggunaan multimedia dan sudah
menggunakan multimedia dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Disimpulkan melalui sharing knowledge dapat meningkatkan kemampuan guru mata pelajaran
IPA dalam memanfaatkan multimedia untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di
SMP Negeri xxxx Tahun Pelajaran
2012/2013
Kata kunci: kemampuan,
sharing knowledge, multimedia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar