"KESULITAN KARYA ILMIAH ANDA adalah INSPIRASI KAMI"

Sabtu, 22 Juni 2013

Upaya Peningkatan Kemampuan Guru Mata Pelajaran Dalam Memanfaatkan Program Powerpoint Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Melalui Bimbingan Berkelanjutan Di SMP Negeri XXXX Semester 1 Tahun Pelajaran 2012/2013



ABSTRAK

Dalam pembelajaran terdapat komponen-komponen yang mempengaruhi proses dan hasil dari pembelajaran. Komponen-komponen tersebut antara lain : tujuan yang ingin dicapai; materi yang diajarkan; guru dan siswa; metode mengajar dan media pembelajaran yang sesuai.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru mata pelajaran IPA dalam memanfaatkan multimedia untuk peningkatan kualitas pembelajaran melalui sharing knowledge.
Seting penelitian ini adalah SMP Negeri xxxx. Subjek penelitian guru mata pelajaran IPA di SMP Negeri xxx semester 1 Tahun 2012/2013 yang berjumlah 7 orang.
Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Sekolah. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, dan tes. Analisis data dilakukan dengan tiga tahapan meliputi: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian, dari data empirik diperoleh kesimpulan bahwa melalui penerapan sharing knowledge dapat meningkatkan kemampuan guru mata pelajaran IPA dalam memanfaatkan multimedia dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dari kondisi awal sebagian besar guru IPA belum memahami penggunaan multimedia dan belum menggunakan multimedia dalam kegiatan pembelajaran di kelas ke kondisi akhir pada siklus II yaitu sebagian besar guru IPA sudah memahami penggunaan multimedia dan sudah  menggunakan multimedia dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Disimpulkan melalui sharing knowledge dapat meningkatkan kemampuan guru mata pelajaran IPA dalam memanfaatkan multimedia untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di SMP Negeri xxxx Tahun Pelajaran 2012/2013


Kata kunci: kemampuan, sharing knowledge, multimedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar