ABSTRAK
Penelitian
ini bertujuan untuk meningkatkan
kompetensi guru dalam menguasai pembelajaran tematik melalui bimbingan
kolaboratif.
Penelitian ini menggunakan
bentuk penelitian tindakan sekolah yang dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus,
dilaksanakan di Dabin II Gugus Dewi Sartika dengan subjek penelitian seluruh guru
di Sekolah Dasar Dabin II Gugus Dewi Sartika Kecamatan xxx Tahun Pelajaran 2010/2011
dengan jumlah 26 orang.
Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Sekolah. Pengumpulan data
dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan 3 (tiga)
tahapan meliputi: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau
verifikasi.
Hipotesis menyatakan melalui Model Kepengawasan Cooperative
Profesional Development (CPD) dalam kegiatan KKG dapat meningkatkan kompetensi guru dalam penguasaan pembelajaran tematik di
Sekolah Dasar Dabin II Gugus Dewi Sartika Kecamatan xxx Tahun 2010/2011. Dari data empirik
diperoleh melalui penerapan Model Kepengawasan Cooperative
Profesional Development (CPD) dalam kegiatan KKG dapat meningkatkan kompetensi guru dalam
pembelajaran tematik dari kondisi awal rerata nilai 70.9 dengan kualifikasi C
ke kondisi akhir pada siklus II rerata 82.1 dengan kualifikasi B. Dari kondisi
awal sebagian besar guru belum memahami pembelajaran tematik dan belum
menerapkan pembelajaran tematik dalam kegiatan pembelajaran di kelas ke kondisi
akhir sebagian besar guru sudah memahami dan menerapkan pembelajaran tematik
dalam kegiatan pembelajaran di kelas.
Disimpulkan melalui
Model Kepengawasan Cooperative
Profesional Development (CPD) dalam kegiatan KKG dapat meningkatkan kompetensi guru dalam penguasaan pembelajaran tematik di
Sekolah Dasar Dabin II Gugus Dewi Sartika Kecamatan xxx Tahun 2010/2011.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar