ABSTRAK
Penelitian
ini bertujuan untuk meningkatkan
prestasi belajar matematika materi bangun ruang melalui metode quantum
teaching.
Setting penelitian ini adalah SMP Negeri xxxx. Subjek penelitian adalah
siswa kelas VIII-A SMP Negeri xxxxx semester 2 Tahun Pelajaran 2010/2011
yang berjumlah 30 siswa.
Metode penelitian menggunakan
Penelitian Tindakan Kelas. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi,
dokumentasi, dan tes. Analisis data dilakukan dengan tiga tahapan meliputi:
reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil
penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan data empirik penelitian menyatakan
bahwa melalui penggunaan Pendekatan Quantum Teaching dengan alat peraga dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII-A SMP
Negeri xxxxxxx Tahun 2010/2011 materi bangun ruang dari kondisi awal rata-rata
49.7 ke kondisi akhir rata-rata 62.3. Ketuntasan juga mengalami peningkatan
dari 26.7% pada kondisi awal menjadi 86.7% pada kondisi akhir di siklus II. Jadi
didapatkan kesimpulan bahwa melalui pendekatan quantum teaching
dengan alat peraga dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi bangun
ruang siswa kelas VIII-A SMP Negeri xxxxx semester 2 tahun pelajaran
2010/2011.
Kata
kunci: prestasi belajar matematika, quantum teaching, bangun ruang
Tidak ada komentar:
Posting Komentar