"KESULITAN KARYA ILMIAH ANDA adalah INSPIRASI KAMI"

Sabtu, 29 Juni 2013

Pendekatan Quantum Teaching Dengan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang Siswa Kelas VIII-A Semester 2 SMP Negeri XXXXX Tahun 2010/2011



ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika materi bangun ruang melalui metode quantum teaching.
Setting penelitian ini adalah SMP Negeri xxxx. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-A SMP Negeri xxxxx semester 2 Tahun Pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 30 siswa.
Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, dan tes. Analisis data dilakukan dengan tiga tahapan meliputi: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan data empirik penelitian menyatakan bahwa melalui penggunaan Pendekatan Quantum Teaching dengan alat peraga dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII-A SMP Negeri xxxxxxx Tahun 2010/2011 materi bangun ruang dari kondisi awal rata-rata 49.7 ke kondisi akhir rata-rata 62.3. Ketuntasan juga mengalami peningkatan dari 26.7% pada kondisi awal menjadi 86.7% pada kondisi akhir di siklus II. Jadi didapatkan kesimpulan bahwa melalui pendekatan quantum teaching dengan alat peraga dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi bangun ruang siswa kelas VIII-A SMP Negeri xxxxx semester 2 tahun pelajaran 2010/2011.   


Kata kunci: prestasi belajar matematika, quantum teaching, bangun ruang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar