ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan
untuk meningkatkan prestasi
belajar IPS siswa pada materi keragaman kenampakan alam dan waktu di Indonesia
dengan mengoptimalkan alat peraga melaui metode Mind Mapping.
Penelitian ini menggunakan bentuk penelitian
tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Penelitian ini dilaksanakan di
Madrasah Ibtidaiyah Negeri xxxx dengan subjek penelitian adalah seluruh siswa
kelas V-A semester 1 Tahun Pelajaran 2012/2013 dengan jumlah 15 siswa.
Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan
Kelas. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, dan tes.
Analisis data dilakukan dengan tiga tahapan meliputi: reduksi data, penyajian
data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa Dari data empirik diperoleh melalui melalui penggunaan alat peraga IPS dan metode mind mapping dapat meningkatkan prestasi
belajar siswa. Dari nilai ulangan harian terjadi peningkatan nilai rerata naik
dari 59.7 pada kondisi awal, menjadi 65.3 pada siklus I, dan naik lagi menjadi
70.3 pada siklus II. Ketuntasan meningkat dari 26.7% pada kondisi awal, menjadi
66.6% pada siklus I, dan menjadi 100% pada siklus II. Disimpulkan melalui penggunaan alat peraga dan
metode mind mapping dapat
meningkatkan prestasi belajar IPS materi keragaman kenampakan alam dan
pembagian wilayah waktu di Indonesia pada siswa kelas V-A MIN xxxx semester 1
Tahun Pelajaran 2012/2013.
Kata kunci: prestasi
belajar, alat peraga, mind mapping.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar