ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk
meningkatkan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran melalui implementasi Lesson Study (sharing with best wxperience).
Penelitian ini menggunakan bentuk penelitian tindakan sekolah yang
dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus, dilaksanakan di SD Negeri 1 xxx dengan
subjek penelitian seluruh guru di SD Negeri 1 xxx Tahun Pelajaran 2011/2012
dengan jumlah 13 orang guru SD Negeri 1 Tanjung.
Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Sekolah. Pengumpulan data
dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan 3 (tiga)
tahapan meliputi: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau
verifikasi.
Hipotesis menyatakan bahwa melalui penerapan lesson
study dengan sharing with best experience dapat meningkatkan kemampuan guru dalam
pengelolaan pembelajaran di SD Negeri 1 xxx Tahun Pelajaran 2011/2012. Data
empiris menunjukkkan bahwa melalui
penerapan lesson study dengan sharing with best experience dapat
meningkatkan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran di SD Negeri 1 xxx
Tahun Pelajaran 2011/2012 dari kondisi awal kemampuan termasuk dalam kategori cukup dengan rerata nilai 58.8 ke
kondisi akhir pada siklus II dengan nilai rerata 79.5 dengan kualifikasi
baik. Jadi ditarik kesimpulan bahwa melalui
penerapan lesson study dengan sharing with best experience dapat meningkatkan kemampuan guru dalam
pengelolaan pembelajaran di SD Negeri 1 xxx Tahun Pelajaran 2011/2012.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar