"KESULITAN KARYA ILMIAH ANDA adalah INSPIRASI KAMI"

Rabu, 26 Juni 2013

PTK : Optimalisasi Alat Peraga IPS dan Metode Min Mapping Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Materi Keragaman Kenampakan Alam dan Waktu Di Indonesia Siswa Kelas V-A Madrasah Ibtidaiyah Negeri xxxxx Tahun 2012 / 2013



ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar IPS siswa pada materi keragaman kenampakan alam dan waktu di Indonesia dengan mengoptimalkan alat peraga melaui metode Mind Mapping.
Penelitian ini menggunakan bentuk penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri xxxx dengan subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas V-A semester 1 Tahun Pelajaran 2012/2013 dengan jumlah 15 siswa.
Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, dan tes. Analisis data dilakukan dengan tiga tahapan meliputi: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Dari data empirik diperoleh melalui melalui penggunaan alat peraga IPS dan metode mind mapping dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Dari nilai ulangan harian terjadi peningkatan nilai rerata naik dari 59.7 pada kondisi awal, menjadi 65.3 pada siklus I, dan naik lagi menjadi 70.3 pada siklus II. Ketuntasan meningkat dari 26.7% pada kondisi awal, menjadi 66.6% pada siklus I, dan menjadi 100% pada siklus II. Disimpulkan melalui penggunaan alat peraga dan metode mind mapping dapat meningkatkan prestasi belajar IPS materi keragaman kenampakan alam dan pembagian wilayah waktu di Indonesia pada siswa kelas V-A MIN xxxx semester 1 Tahun Pelajaran 2012/2013.   


Kata kunci: prestasi belajar, alat peraga, mind mapping.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar