"KESULITAN KARYA ILMIAH ANDA adalah INSPIRASI KAMI"

Rabu, 10 Juli 2013

PTK Taman Kanak-kanak: PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA TENTANG PENAMBAHAN ATAU PENGURANGAN MELALUI KEGIATAN BERMAIN DI TK xxxxxx KELOMPOK B TAHUN PELAJARAN 2011/2012



 ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan memahami konsep matematika sederhana melalui penerapan kegiatan bermain. Penelitian ini menggunakan bentuk penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus, dilaksanakan di TK xxxxx dengan subjek penelitian seluruh siswa kelompok  B TK xxxxx semester 2 Tahun Pelajaran 2011/2012 dengan jumlah 22 siswa.
Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi dan tes. Analisis data dilakukan dengan 3 (tiga) tahapan meliputi: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Hipotesis menyatakan melalui penerapan kegiatan bermain dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika tentang penambahan atau pengurangan pada siswa kelompok B TK xxxxx Tahun Pelajaran 2011/2012.
Dari data empirik diperoleh melalui penerapan kegiatan bermain dapat meningkatkan kemampuan memahami konsep matematika sederhana bagi siswa kelompok B dari kondisi awal rata-rata  hanya 25.6% siswa mampu memahami konsep matematika sederhana ke kondisi akhir 75.8% siswa mampu memahami konsep matematika sederhana pada siklus II di TK xxxxxx Tahun Pelajaran 2011/2012.
Disimpulkan melalui penerapan kegiatan bermain dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika tentang penambahan atau pengurangan pada siswa kelompok B TK xxxxxx Tahun Pelajaran 2011/2012.

Kata kunci: pemahaman konsep, matematika, bermain

Tidak ada komentar:

Posting Komentar