ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan
kemampuan memahami konsep matematika sederhana melalui penerapan kegiatan
bermain. Penelitian ini menggunakan bentuk penelitian
tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus, dilaksanakan di TK xxxxx dengan subjek penelitian seluruh siswa kelompok B TK xxxxx semester 2 Tahun
Pelajaran 2011/2012 dengan jumlah 22 siswa.
Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Pengumpulan data
dilakukan melalui observasi, dokumentasi dan tes. Analisis data dilakukan
dengan 3 (tiga) tahapan meliputi: reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan atau verifikasi.
Hipotesis menyatakan melalui penerapan kegiatan bermain dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika tentang penambahan atau pengurangan
pada siswa kelompok B TK xxxxx Tahun Pelajaran 2011/2012.
Dari data empirik diperoleh melalui
penerapan kegiatan bermain dapat meningkatkan
kemampuan memahami konsep matematika sederhana bagi siswa kelompok B dari
kondisi awal rata-rata hanya 25.6% siswa
mampu memahami konsep matematika sederhana ke kondisi akhir 75.8% siswa mampu
memahami konsep matematika sederhana pada siklus II di TK xxxxxx Tahun
Pelajaran 2011/2012.
Disimpulkan melalui penerapan kegiatan bermain dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika tentang penambahan atau pengurangan
pada siswa kelompok B TK xxxxxx Tahun Pelajaran 2011/2012.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar